Tokso Persisten

Entah sudah berapa kali Saya cek darah untuk mengetahui titer tokso yang terdeteksi sejak Januari lalu. Meskipun sudah ada penurunan angka, tapi titer tokso cenderung persisten atau bertahan untuk waktu yang lama. Terahkhir, hasil lab menunjukkan reaktif igm tokso 1,14 dari sebelumnya 1,19 dua bulan lalu. Turun ya… Alhamdulillah.

Allah tidak suka makhluk yang berputus asa dari rahmatNya. Maka berbagai pantangan pun tetap Saya patuhi sampai detik ini. Saya tidak pernah lagi memakan sate atau apapun yang dibakar dari mentah, khawatir ada bagian yang yang tidak matang sempurna. Saya menghindari konsumsi makanan yang mengandung ragi, kalaupun ingin sekali Saya tanya dulu ke tokonya, apakah menggunakan ragi? Jika tidak, baru Saya berani makan, itu pun tak banyak. Memastikan semua bahan makanan dicuci bersih. Tidak makan lalapan atau sembarang beli lotek yang merupakan menu favorit Saya. Saya mengonsumsi obat, madu, kurma, kemudian berganti ke klorofil, atau apapun ikhtiar yang bisa Saya jalani, insyaallah ikhlas berikhtiar. Saya tahu, Allah memilih Saya mengalami ini semua dengan maksud yang hanya Dia yang tahu. Insyaallah baik dan sangat baik untuk masa berikutnya. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

