Salah Asuh

Kata ini Saya dapatkan dari Mama mertua, saat Kami belanja ke Basko Mall. Keluar dari supermarket, Saya dan Mama mencari para Suami Kami dan spontan Saya mencarinya ke jejeran toko makanan seperti bread talk, j-co, atau pizza yang kebetulan letaknya berdekatan. Benar saja, Suami Saya yang berbadan tinggi sehingga mudah dicari di keramaian ada di sana sedang memilih-milih roti untuk dibawa pulang. Lalu Mama mertua nyeplos, Mama salah asuh. 

What? Saya memasang kuping untuk mendengarkan perkataan selanjutnya. Kata Mama, Ibu (Mamanya Mama) dan Uwa (Adiknya Ibu) sering sekali memarahi Mama karena boros dalam hal makanan. Masak iya, jajan juga iya. Dan kebiasaan itulah yang ditiru anak-anaknya kini. Sambil menyeringai, ya gimana lagi, menikmati hidup setelah bekerja mencari uang salah satunya dengan berkuliner atau makan makanan enak. Saya pun tersenyum. 

Ya, memang selalu ada adaptasi terhadap pola pengasuhan anak yang berbeda generasi dengan para orangtua Kita terdahulu. Saya rasa Mama Saya tidak salah asuh dalam hal ini karena Beliau juga tetap mencontohkan memasak untuk keluarga bagaimanapun sibuknya. Jajan itu reward saja, kalau toh sedang tidak ada uang ya tidak akan dipaksakan. Kami tetap makan makanan enak homemade ala Mama Saya. Hampir dua minggu tinggal bersama Saya belajar banyak hal tentang berkeluarga. Setiap saat Saya mempersiapkan diri, jika sewaktu-waktu amanah itu datang, semoga Saya bisa menerapkan ilmu luar biasa yang Saya dapatkan dari para orangtua Saya tercinta. Baikkan akhlakku Ya Allah, sempurnakan ilmu dan imanku, agar bersamaku kelak hadir generasi-generasi unggul berakhlak mulia. Hamba akan selalu bersabar menanti doa ini Engkau kabulkan. Sungguh Allah Maha Bijaksana, Maha Pengabul doa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s