Dua Sudut Pandang

Sudah di bulan penghujung tahun, tak lama lagi 2015 akan segera berganti 2016. Banyak hal terjadi di tahun ini, Saya memandangnya dalam dua sudut pandang. Karena pada dasarnya Saya bukan malaikat, ada pula sisi gelap di hati Saya mengakhiri tahun ini. Tapi tak peduli bagaimana suramnya, Saya akhiri dengan membalikan ke sudut pandang yang positif.

What I Missed This Year:
1. Saya gagal mengurus kepangkatan, ditolak untuk syarat asisten ahli.
2. Saya gagal lulus S3 tahun ini.
3. Saya gagal mempertahankan kehamilan Saya.

What I Get:
1. Pekerjaan Saya berjalan baik, walau tanpa jabatan. Dapat insentif publish paper yang berarti tahun ini Saya sudah menyumbang ptestasi kecil untuk Departemen Saya. Surat tugas belajar juga sudah diurus agar setelah lulus S3 nanti bisa diakui.
2. Saya mendapatkan tim dari dua mahasiswa skripsi untuk membantu penyelesaian disertasi. Angin segar untuk mewujudkan mimpi bahwa ide dan pemikiran yang tercurah selama hampir lima tahun ini tak hanya berakhir sebagai publikasi dan buku disertasi di perpustakaan tapi juga dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat luas.
3. Saya lebih menghargai peran kaum Ibu dan lebih mempersiapkan diri jika kelak diberi amanah kembali. Saya ingin memberikan apapun yang Saya punya dan Saya mampu untuk mempersiapkan generasi terbaik dari keturunan kami. Sembari menunggu jawaban Allah, Saya punya banyak waktu menyelesaikan tanggung jawab Saya yang semakin menuju klimaks beberapa waktu ini (salah satunya harus konferensi di Jogja) dan bersilaturahmi dengan keluarga dan rekanan (Baralek di Padang, Mudik ke Palembang, Family Gathering STEI ITB di Lombok).

Alhamdulillah, semoga Allah perkenankan dan ridhoi segala doa dan usaha Kami. Mudahkan Ya Allah, Aamiin.

Tinggalkan Balasan

