Rasa Kehilangan

Sejak pagi Saya sudah tenggelam dalam kesibukan menyiapkan berkas-berkas untuk mengurus surat tugas/ijin belajar S3 yang sudah tertunda sekian bulan karena satu dan lain hal. Selain itu Saya mulai mengumpulkan dan menyiapkan bahan ajar untuk memberi kuliah sore nanti. Semester ini Saya hanya mengajar satu kelas saja. Bersyukur karena dispensasi untuk Saya dikabulkan mengingat Saya sedang ngebut menyelesaikan disertasi di tahun terakhir masa studi. Sorenya, Saya mengajar sampai tepat adzan maghrib berkumandang.

Tenggelam dalam kesibukan dan kegiatan yang seolah membuat Saya sibuk (padahal tidak juga alias sok sibuk) tak luput memberi celah sebuah rasa yang tidak nyaman menyusup masuk ke hati. Entah bagaimana, sekarang, setiap kali membaca info tentang bayi dan kehamilan, baik bertemu langsung di dunia nyata maupun di sosmed membuat Saya paham rasanya kehilangan. Sebelumnya? Saya sudah ikhlaskan dan berpikir positif dan mengambil hikmah dari apa yang baru-baru ini Saya alami. Tegar. Tetap ceria. Sabar. Seolah tidak terjadi apa-apa dan Saya baik-baik saja. Namun hari ini entah mengapa rasa itu tiba-tiba muncul. Sikap Saya? Masih sama, hanya saja Saya akan sedikit memberi ruang untuk rasa itu hadir beberapa saat,  kemudian Saya bungkus menjadi semangat yang akan membaikkan hidup Saya kini dan nantinya.

Ya, manusiawi jika kita merasa sedih tatkala kehilangan. Sesuatu itu pernah ada, pernah bersama kita dalam hitungan waktu, pernah memberi kesan, pernah begitu dinantikan, kemudian menjadi tiada. Tapi ingatlah bahwa kita memang terlahir tanpa memiliki apa-apa, berpulang pun demikian. Hanya Allah dan rahmat-Nya.

Tinggalkan Balasan

