Prioritas

“Prioritas menentukan kualitas hidup seseorang karena prioritas yang dipilih orang tersebut menentukan alokasi sumber daya yang dimilikinya dalam mencapai tujuan..”. Kalimat ini Saya temukan di sebuah rubrik ‘wisdom in the air’ dalam sebuah majalah yang disediakan maskapai penerbangan yang Saya dan suami tumpangi dalam perjalanan mudik ke Palembang. Selain buklet berisi doa-doa dalam perjalanan, tulisan Jemy Confido merupakanĀ salah satu favorit Saya setiap kali menempuh perjalanan udara. Kebetulan juga temanya kali ini pas untuk memulai kembali aktivitas setelah libur lebaran.

Tentang prioritas, Saya memang agak bermasalah menyusunnya akhir-akhir ini. Ingin segera lulus S3, ingin mengumpulkan uang untuk rumah/mobil/haji, ingin mengurus jabatan, dan…. of course ingin segera memiliki momongan. Untuk keinginan yang terakhir Saya sebut ini memang cukup mempengaruhi psikologis Saya dalam bekerja dan belajar. Sampai pada suatu titik balik, ketika Saya mudik di Palembang, Wak Saya memanggilkan tukang pijat yang biasa membantu membetulkan posisi rahim jika memang ada masalah. Maklum kegiatan Saya yang super wara wiri, pijat bisa jadi salah satu ikhtiarnya. Nenek Saya yang sangat mendukung ide ini.. Saya sih ikut saja, namanya juga orangtua yang meminta. Hasilnya? Insyaallah tidak ada masalah. semua dalam kondisi baik. Hasil yang senada dengan pemeriksaan medis dan pijat langganan Saya. Memang belum rezeki saja, perbanyak berdoa. Atau mungkin ada hal yang harus diselesaikan dulu sehingga menurut Allah lebih baik ditunda. Nah ini dia, kembali tentang prioritas.

Maka di kesempatan awal beraktivitas pasca libur lebaran ini, Saya kembali menyusun prioritas secara tepat. Saat ini fokus Saya adalah segera menyelesaikan studi S3. Bulan ini Saya harus publish 1 paper konferensi internasional dan impelemtansi untuk penjadwalan seminar kemajuan. Itu saja dulu, next priority is coming soon. Bismillah.

Tinggalkan Balasan

