Sabar…

Suami Saya sering mengingatkan, “Sabar… sabar..” tiap kali asma Saya kambuh. Sudah menjadi pemandangan yang biasa melihat istrinya menyemprotkan inhaler pereda asma. Namun, dalam keadaan berpuasa, apakah menyemprotkan inhaler ke dalam mulut dapat membatalkan puasa?

Memang ada dua pendapat mengenai hal ini. Beberapa referensi yang Saya baca membolehkan menggunakan obat ini karena tidak membatalkan puasa. Dikuatkan juga oleh pernyataan rekan satu institusi yang merupakan dosen Agama Islam ketika Saya menanyakan hal ini. Obat ini tidak termasuk makan dan minum yang membatalkan puasa. Namun dikhawatirkan, selain masuk ke tenggorokan, ada zat yang menempel di mulut dan akhirnya tertelan sehingga kurang afdhol rasanya jika hal ini terjadi. Namun dalam keadaan sangat terdesak, beberapa kali akhirnya Saya pun menggunakan obat ini, kemudian membuang sisanya dengan bantuan air liur. Wallahualam. Sungguh Allah Maha Mengetahui.

Lantas mengapa Saya sering kambuh akhir-akhir ini? Suhu di tempat tinggal Kami sangat dingin, hampir setiap hari hidung Saya mampet diikuti bersin-bersin. Gejala ini ya sobat karib banget sama asma. Dimana dia berada, asma dengan setia mengikuti. Selain itu, faktor pikiran juga memiliki andil. Tak sudah-sudah yang ada di pikiran Saya. Maka nasehat suami untuk Saya bersabar pun mungkin mencakup hal ini. Beberapa waktu yang lalu memikirkan pekerjaan, terkadang memikirkan ingin segera memiliki keturunan, dan kemudian berganti ingin segera lulus karena beberapa rekan mulai memasuki tahap sidang tertutup. Sabar.. semua ada waktunya. Lewati satu persatu, nikmati segala prosesnya. Skenario Allah untuk hidup Saya teramat indah. Saya pun harus bersungguh-sungguh menjalankan setiap peran Saya dengan baik, episode per episode.

Tinggalkan Balasan

