Surat Ar Rahman

Sudah beberapa bulan ini Saya berusaha menghapalkan surat ArRahman. Alasannya, karena surat ini terasa begitu istimewa terutama sejak banyaknya doa-doa Saya yang terkabul di tahun 2014. Mungkin karena faktor usia dan sulitnya fokus, hapalan Saya belum juga beranjak dari ayat 13. Sebenarnya dari 78 ayat surat ini, ada satu ayat yang berulang sebanyak 31 kali.. ayat yang sangat mudah dihapal dan dihayati. Sehingga total ayat lainnya yang perlu dihapal dan ditadaburi adalah 47 ayat.

Surat ini merupakan surat ke-55 dalam Al Quran dan juz ke-27. Tekadnya sih, Saya ingin berhasil menghapal surat ini sebelum Ramadhan berakhir. Tahun lalu Saya menambah hapalan surat At Thariq saat Ramadhan. Meskipun tidak sehebat dan se-konsisten hafidz-hafidz cilik yang luar biasa bagi Saya.. ya, sedikit demi sedikit, gini-gini juga Saya juga ingin jadi lebih baik dan lebih solehah agar keturunan Saya kelak juga lebih baik dari Saya. Begitu sulitnya menghapal ayat demi ayat, ada satu hal yang mungkin luput untuk Saya lakukan. Sebaiknya dalam melakukan apapun kita berdoa terlebih dahulu kepada Allah, memohon dibukakan pikiran agar mudah menyerap ilmu Allah yang maha luas. Jika tanpa kehendak-Nya, secuil ilmu pun akan sulit masuk ke otak kita. Saya jadi teringat bahwa di perkuliahan pun kebiasaan ini sudah hilang. Padahal di sekolah dari tingkat dasar sampai atas murid terbiasa untuk sebelum belajar. Baiknya kita mulai lagi kebiasaan baik ini, agar mudah menyerap ilmu dan kelak menjadi ilmu yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

